Kamis, 19 April 2012

Pembangunan MCK biogas Bukittinggi rampung Juni


MCK-ilustrasi (ANTARANews/Ist)

Bukittinggi (ANTARA News) - Dinas Pekerjaan Umum Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, menargetkan pembangunan tiga tempat mandi cuci dan kakus (MCK) yang mampu menghasilkan biogas pada Juni 2012.

"Pembangunan MCK tersebut dikerjakan langsung oleh masyarakat dengan membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Zet Buyung didampingi Sekretarisnya Eldi Efra di Bukittingi, Minggu.

Menurut dia, pekerjaan pembangunan MCK akan dipantau langsung oleh empat tenaga fasilitator dari masyarakat umum dan dua petugas fasilitator dari Dinas PU.

"Saat ini empat petugas fasilitator dari masyarakat umum dan dua orang dari PU telah terbentuk. Mereka semua telah menjalani latihan sebagai petugas fasilitator secara nasional di daerah Batam," katanya.

Ia menyebutkan, petugas fasilitator tersebut bersama dengan KSM yang telah dibentuk masyarakat akan berkoordinasi mencari lokasi untuk membangun MCK serta perencanaannya.

MCK yang dapat menghasilkan biogas itu akan dibangun di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Gugukpanjang dan Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp1,5 miliar. 

Ia menambahkan, lokasi tempat pembangunan MCK tersebut diutamakan di daerah padat penduduk, namun belum memiliki akses sanitasi pembuangan yang memadai.

MCK tersebut dilengkapi dengan instalasi pengolahan menggunakan teknologi Anaerobic Baffled Reactor (ABR). MCK yang akan dibangun itu memiliki seluas 10 meter persegi.

Keutungan dari MCK itu, kata dia, selain dapat dimanfaatkan untuk sanitasi masyarakat juga dapat menghasilkan energi listrik setelah tinja menghasilkan bio gas.

MCK yang dibuat akan disesuaikan dengan standar kesehatan lingkungan, dimana air kotor tidak mengalir keluar atau air tidak meresap ke tanah serta tidak masuk ke saluran air, gorong-gorong, kanal kecil, atau got yang ada di sekitarnya.

Selain membangun MCK, pihaknya merencanakan pembuatan septik tank komunal sehingga WC di rumah-rumah pribadi tidak perlu lagi memiliki septik tank sendiri melainkan dapat memakai septik tank itu. (ANT)



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More